Minggu, 26 Juni 2016

Alat Perang Pemain Youtube (Youtubers)




Hallo, Bicara tentang Youtubers pasti tidak asing lagi, apasih itu YoutubersYoutubers adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk kemudian diunggah ke Youtube. Orang-orang yang kerap membuat video, lalu mengunggahnya ke Youtube dapat disebut sebagai Youtubers.

Menjadi seorang Youtubers termasuk pilihan karir ataupun pekerjaan kedua yang cocok untuk anak muda. Sambil menjalani rutinitas sebagai anak kuliahan, Anda juga bisa menjadi seorang Youtubers. Tak hanya bagi anak muda, bagi  Anda insan-insan kreatif lain pun dapat berkarir sebagai seorang Youtubers.

Beberapa figur/kelompok yang sekarang banyak muncul di layar kaca juga mengawali karir dari Youtube. Sebut saja, nama-nama seperti Sascha Stevenson, Edho Zell, Lastday Production, merupakan contoh orang/kelompok yang berkarir sebagai Youtubers dan kini bisa dibilang sukses.
Menjadi seorang Youtubers juga bisa menghasilkan uang. Ketika channel Youtube kita memiliki banyak pelanggan, plus video kita ditonton oleh banyak orang, maka di situlah muncul peluang bisnis. Channel Youtube yang ramai itu dapat dijadikan sebagai ladang uang. Dengan model bisnis yang tepat, channel Youtube dapat diubah menjadi keran passive income.

Artikel kali ini saya akan membahas apa saja Alat - Alat (Software) yang digunakan para Youtubers untuk membuat sebuah karya videonya sendiri.

Desktop Tools

Kumpulan alat & bahan yang dieksekusi lewat desktop :
  • GIMP2 Untuk editing Gambar, Cover Channel, Foto Profil, Thumbnail & Background Cover (Pengganti Photoshop)
  • Inkspace Sama kaya GIMP2 tapi ini dalam bentuk Vector (Pengganti Coreldraw)
  • Windows Movie maker Untuk mengolah video sederhana, biasa dipake buat croping, intro sama kasih keterangan dalam video.
  • VSDC editor video yg powerpul, gak jauh beda sama camtasia karena bisa ubah ukurang video secara real sembari ditambahin frame background, tapi bedanya ini gratis
  • Cofeshow Video slide maker HD yg simple
  • Handbrake Video transcoder/ convert yang ringan dan meringankan
  • Audacity Khusus buat editing suara, ente bisa ngerekam suara sesuka hati dan mengeditnya. 
  • AVC (Any Video Converter) Fungsinya sama kaya Handbrake, tapi ada plusplusnya. tapi ya itu, lumayan berat
  • Eagle Get Pengganti IDM
  • FreeMake Video Converter Aplikasi ini digunakan mengconvert video, audio, foto dalam format avi, wmv, dvd, mpeg, mp4, mp3, 3gp, mkv, flv, dan lain2.
  • Hypercam Video Recorder ini aplikasi yang biasa saya gunakan untuk keperluan recording aktifitas desktop, misalnya dalam pembuatan tutorial dan lain-lain.
  • Any Video Recorder Software ringan untuk ngerecorder video
  • Notepad++ Biasa digunakan untuk nyimpen berkas text. Kalian bisa nyimpen jadwal tayang acara, judul, deskripsi, tags, dll tanpa harus ngesave. open & close tanpa takut kehilangan text tersebut. bisa juga dipakai buat ngoding. dan kelebihan lainnya adalah, ringan.
  • eSpeak (Text to Speech) konversi text ke suara. walau grammernya kurang bagus, tapi ya lumayanlah. TTS lain yg berbayar itu harganya lumayan mahal menurut saya.
  • Synfig Studio Software pembuatan animasi 2D sederhana yang user friendly.
  • Lightworks Software video editor yang sangat powerfull, cocok untuk para profesional dan Mereka yang ingin jadi seorang video creator. dilengkapi dengan banyak fitur, termasuk berbagai jenis efek & live editing. selain itu juga ada support video tutorial dan forum. Katanya software ini dipakai oleh banyak film holiwud.
  • Acrobat 7 and CS2 products Isinya ada Creative Suite 2, Acrobat, After Effects, Audition 3, GoLive CS2, Illustrator CS2, InCopy CS2, InDesign CS2, Photoshop CS2, Adobe Premier Pro 2.0. Mungkin Kamu harus daftar ke adobe dulu buat downloadnya.
  • Shotcut video editor yang tidak kalah menarik untuk dicoba. ada banyak filters, baik video maupun audio. Bisa dipakai untuk MacOS, Windows dan Linux.
  • Source Filmmaker Software video editor yang digabungkan dengan animation maker. Cocok untuk para pemain game yang terjun ke dunia YouTube. software ini juga terintegrasi dengan steam, jadi buat akun steam dulu ya.
  • Fusion Software untuk visual effect dan motion graphic. Menurut ane pake ini nyaman dan ga terlalu sulit buat orang awam. selain itu Fusion juga bisa dijadiin plugin untuk software lain, semisal AP sama LWKS.
  • Aegisub Software untuk membuat subtitle. Penggunaannya mudah, text bisa diedit, bisa di setarakan dgn audio. selain itu juga ringan. buat hardsub bisa pakai format factory atau virtualdub.
  • Hitfilm 3 Express Software editing yg sangat baik. multi dan ga terlalu berat. cocok untuk yg ga bisa beli after effect. disertai paket2 berbayar yg cukup murah. kebetulan saya pribadi pakai ini.
  • DaVinci Resolve 12 Kekuatan utama dan yang bisa dibilang susah dilawan oleh software lainnya yg berbayar skalipun pada Resolve ini adalah fitur grading warnanya. selain itu, software ini juga klo ga salah kompatibel sama software Boris FX meskipun versi gratisnya. versi berbayarnya lebih mantep lagi.
  • Balabolka Software text-to-speech dengan tambahan beberapa fitur. ente juga bisa beli voice, lalu pake di software ini. tapi buat pengguna windows 8/ 8.1 sudah lumayan, karena ada david, zira, sama Hazel.

Web-base Tools

Kumpulan alat & bahan secara online :

Gift to MP4 - cloudconvert.com/gif-to-mp4
Keepvid - keepvid.com
Downvids Download Youtube Playlist - downvids.net/download-youtube-playl...
Tools by YouTube - youtube.com/yt/creators/tools.html
YouTube Capture - youtube.com/capture
YouTube Editor - youtube.com/editor
Captions - support.google.com/youtube/topic/30...
Audio Library - youtube.com/audiolibrary
Slideshow - youtube.com/upload?slideshow
Youtube Analytics - youtube.com/analytics

Web Pencari gambar CC (Creative Commons) - Memakai gambar tanpa takut terkena hak cipta.
You Zign - youzign.com (Aplikasi online untuk membuat banner, termasuk juga bisa untuk bikin cover, thumbnail dan lain-lain).
Canva - https://www.canva.com/create/banner... (Aplikasi online untuk membuat berbagai jenis banner, termasuk banner channel youtube. resolusinya bagus, mulus, dan disediakan berbagai pernak-pernik pendukung).


Website Untuk Promosi

Tempat promosi selain media sosial terkenal seperti Facebook dan Twitter : 
Resources for Creators - From YouTube

Kumpulan bantuan yang diberikan pihak YouTube sebagai sumber ilmu untuk para Creator
Get Help :
Develop your skills :
Stay informed (Creator Social Media channels) : 

Sumber : https://www.facebook.com/notes/youtube-partner-indonesia/alat-perang-pemain-youtube/765877350153902

Artikel Terkait

✔ Berikan Komentar Anda Setelah Membaca Artikel Ini
✘ Jangan Berkomentar Menggunakan Link Aktif
EmoticonEmoticon